Rabu, 27 Juli 2011

KLENTENG- KLENTENG DI LASEM

KLENTENG- KLENTENG DI LASEM

Cu An Kiong – Lasem
Jl. Dasun No 19
Lasem
Telp. +62-295-531093



Di altar Utama adalah?Makco Thian Siang Sing Bo / Tian Shang Sheng Mu () yang merupakan Dewata Pelindung Laut.

Kelenteng ini didirikan diperkirakan pada abad 15 dengan mengalami pemugaran beberapa kali dengan mendatangkan tukang ukir dari Guang Dong (KwiTang) Tiongkok, yang terakhir pada tahun 1868.
Di kelenteng ini juga terdapat Kio ( Tandu) yang ukirannya amat halus dan indah untuk membawa MakCo Thian Siang Sing Bo pada waktu Jut Bio / kirab keliling di kota Lasem dan bila ada undangan Jut Bio di kota lain.




Gie Yong Bio – Lasem
Jl. Babagan No 7
Lasem
Telp. +62-295-532293


Kelenteng ini dipugar pada tahun 1915, Kelenteng Gie Yong Bio sebelum berdiri di Jl Babagan terdapat di Jalan Raya Lasem.

Di altar utama adalah Kongco Tan Kee Wie dan Oei Ing Kiat. Kedua Kongco ini bersama saudara angkatnya yaitu Bapak Raden Margono, bersama-sama berjuang untuk melawan penjajah Belanda (V.O.C.) pada tahun 1742, yang terkenal dengan nama Perang Godo Balik.
Untuk mengenang jasa-jasa dari kepahlawanan, menghormati leluhur serta meneladani sifat-sifat agungnya Kongco Gie Yong Kong dan Bpk Raden Margono, dibuatlah patung dan didirikan kelenteng Gie Yong Bio di Babagan Lasem.
Perlu diketahui Kongco Gie Yong Kong hanya terdapat di kota Lasem, Rembang dan Juwana.






Poo An Bio – Lasem
Jl. Karangturi VII/15
Lasem
Telp. +62-295-531893

 Kelenteng ini berdiri diperkirakan pada tahun 1740, di dalam Kelenteng terdapat gambar-gambar yang dilukis dengan dengan mo pit memakai tinta bak warna hitam. Lukisan tersebut menceritakan kisah Tiga Negara yang terkenal dengan nama Sam Kok, yang tokohnya bernama Liu Bei, Kwan Kong dan Zhang Fe.
Di altar utama adalah kongco Kong Tik Cun Ong atau Kwee Sing Ong.


Alamat kelenteng oleh: Frans R Suharto – April 2003
Artikel oleh: Rudy Hartono – April 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar